COMIC FIGURES

Semua Hal Tentang Tokoh Superhero dan Supervillain Marvel dan DC Comics, dalam versi asli komiknya

Thursday, January 18, 2018

Persamaan Tokoh-Tokoh Marvel dan DC Comics

 

1. X-Men (September 1963) vs. Patroli Doom (Juni 1963)

 


Doom Patrol adalah komik tentang tim yang terasing dan dijauhi oleh masyarakat, mereka berkumpul dan belajar menggunakan kekuatan mereka sambil berjuang dan menerima perlakuan dari masyarakat, di bawah kepemimpinan seorang Brainiac di atas kursi roda. Mereka adalah The Doom Patrol, dan mereka pertama kali diterbitkan empat bulan sebelum X-Men ada. Namun, Konspirasi semakin memperdalam, karena pada bulan Maret 1964, X-Men melawan Brotherhood Of Evil Mutant, sementara Doom Patrol melawan The Brotherhood of Evil. Kesamaan antara kedua komik itu begitu kuat sehingga pencipta Doom Patrol yaitu Arnold Drake menuduh Stan Lee entah bagaimana mencuri gagasannya, meski tidak pernah terbukti sampai sekarang. Mungkin hanya persamaan pikiran dari kedua jenius ini di saat yang bersamaan, mereka mendapatkan inspirasi yang sama hebatnya. Hanya saja X-Men jauh lebih populer daripada Doom Patrol. X -Men pertama kali dibuat film layar lebarnya pada tahun 2000 oleh sutradara Bryan Singer.

2. Black Cat (1979) vs. Catwoman (1940)

 


Awalnya hanya dikenal sebagai "Cat", Catwoman muncul dalam edisi pertama Batman pada tahun 1940 sebagai pencuri dengan berkostum kucing tanpa memiliki kekuatan hebat, dan sampai hari ini, Catwoman masih merupakan tokoh anti-hero yang sangat populer dan mempunyai hubungan romantis dengan Batman. Marv Wolfman pada dasarnya 'meniru" total Catwoman saat dia menciptakan Black Cat pada tahun 1979, dari pencuri berkarakter anti-hero bertema kucing sampai ke cerita romantis kepada pahlawan favorit Marvel, Spider-Man. Seiring waktu, Black Cat tidak memiliki keberuntungan kepopuleran dibanding Cat Woman tetapi asal usulnya sebagai "tiruan" Catwoman tidak terbantahkan.
Cat Woman hadir di film Batman Returns nya Tim Burton, dan Batman The Dark Knight Rises dari sutradara Christopher Nolan.

 

3. Deadpool (1991) vs Deathstroke (1980)

 



Rob Liefeld dikenal karena tidak bisa menemukan ide orisinil buat karakter yang diciptakannya . Jadi ketika penggemar komik Teen Titans ini menunjukkan gambar asli Deadpool kepada penulis Fabian Nicieza, sangat jelas kalau kita lihat bahwa Deadpool adalah "penghormatan" terhadap karakter Deathstroke dari DC Comics, dan walaupun begitu Nicieza tetap melanjutkan bekerja sama dengan Rob. "Penghormatan" ini semakin meluas dengan adanya fakta bahwa Deadpool pun bernama Wade Wilson, yang merupakan pelesetan dari nama asli Deathstroke, Slade Wilson. Tapi akhirnya, Deadpool harus diakui adalah karakter yang sangat konyol dan menjadi parodi komik yang terus berlanjut sampai sekarang dan tentu saja sangat populer. Sementara itu Deathstroke walaupun banyak yang tau dengan sosok ini, tetapi kepopulerannya tidak sehebat Deadpool.
Deadpool ( Wade Wilson) sempat dianggap gagal dalam film Wolverine X-Men Origin (diperankan oleh Ryan Reynold), dan Reynold kembali berperan sebagai Wade Wilson di film solo Deadpool dan sukses besar dipasaran.

4. Vision (1968) vs Red Tornado (1963)

 


Pembaca mungkin tahu karakter Vision dari film Avengers: Age of Ultron, dia pertama kali muncul pada tahun 1968 sebagai ciptaan dari Ultron yang dirancang untuk menghancurkan Avengers. Dan seperti di Age of Ultron, Vision akhirnya berbalik melawan penciptanya dan menjadi pahlawan saat ia menemukan rasa kemanusiaannya. Namun, ternyata sebelumnya pada tahun 1963, sebuah Android dengan kondisi ide yang mirip dengan karakter Vision dibuat untuk Justice Society of America, di mana satu Supervillain merancang sebuah robot bernama Red Tornado untuk menyusup dan mengalahkan JSA. Android yang diciptakan untuk menghancurkan tim sebenarnya sudah cukup umum, dan keduanya juga memiliki kekuatan yang jauh berbeda, namun secara fisik mereka memiliki sedikit kemiripan untuk dianggap sebagai suatu kebetulan. Sabuk besar yang lebar, juga kerah besar itu terlalu simpel kalau dianggap hanya ketidak sengajaan dalam menciptakan karakter.
Vision sukses mencuri perhatian pada film The Avengers: Age Of Ultron, dan juga di Captain America: Civil War, sementara Red Tornado hanya tampil sekali di serial TV Supergirl dan dianggap gagal menampilkan karakter yang sesuai dengan komiknya.

5. Bullseye (1976) vs Deadshot (1950)

 


Will Smith bermain sebagai Deadshot pada film Suicide Squad pada tahun 2016, tapi dia tidak terlihat seperti pertama kali dibuat pada tahun 1950-an, di mana dia pertama kali muncul mengenakan topi saat mencoba menggantikan Batman sebagai pahlawan Gotham. Kemudian, di dunia Marvel, Superhero Daredevil, akan menghadapi musuh serupa yaitu Bullseye. Baik Deadshot dan Bullseye adalah penembak jitu yang tidak pernah gagal mengenai target mereka, mereka juga ahli dalam pertarungan langsung, memiliki pelindung tubuh berbahan logam, dan berasal dari keluarga yang keras dan kasar. Banyak kemiripan kedua tokoh ini walaupun secara karakter fisik berbeda, tetapi keahlian dan latar belakang keluarga yang mirip membuat Bullseye dianggap mengkopi Deadshot.
Deadshoot yang dimainkan oleh Will Smith tampil cukup baik di film Suicide Squad (walaupun kritikus memberi rating jelek tetapi film ini sukses secara box office dan penghargaan Oscar), sementara Bullseye (diperankan oleh Collin Farrel) menjadi Villain yang dianggap gagal di film produksi Marvel- Daredevil yang saat itu diperankan oleh Ben Aflleck


6. Boomerang (1966) vs Captain Boomerang (1960)

 


 

Keduanya tokoh ini sama-sama villain memiliki sifat payah dan konyol. Mungkin saja, kedua karakter ini sama-sama lahir di Australia, sementara Captain Boomerang melawan The Flash, Boomerang menghabiskan waktunya untuk melawan Spider-Man. Keduanya menggunakan bumerang, dan yang menggelikan bumerang ini mencakup segala hal mulai dari bom hingga pisau cukur. Bahkan Boomerang dari Marvel memakai bumerang di wajahnya, hanya agar semua orang tahu apa yang dia bisa lakukan dan gunakan. Sementara Kapten Boomerang hanya terbatas pada kemeja yang di print dengan gambar bumerang yang juga terlihat konyol. Tetapi paling tidak Captain Boomerang lebih dulu tampil di film Suicide Squad bersama para villain DC lainnya.

7.  Thanos (1973) vs. Darkseid (1970)

 



Darkseid adalah pimpinan alien ciptaan Jack Kirby dari Apokolips, yang selalu berusaha mencari planet-planet untuk dikuasai dan memberantas alam semesta sesukanya, dan merupakan musuh terkuat dari Justice League. Sementara Thanos, di sisi lain, adalah Overlord of the Titan, yang bertekad juga menaklukkan galaksi adalah musuh terkuat dari The Avengers. Keduanya memiliki kekuatan yang luar biasa, seperti teleporter, telekinetik, Abadi dan dapat melakukan perjalanan waktu, serta keduanya adalah Villain yang paling kuat di universe masing-masing. Kita mungkin bisa mengerti kenapa Jim Starlin berkesan ingin meniru Darkseid dari dan membuat versi sendiri untuk Marvel Comics, karena Darkseid adalah salah satu Villain yang sangat hebat. Dan Marvel membutuhkan sosok seperti itu di dalam universe Marvel, kebetulan juga secara popularitas keduanya cukup selevel walaupun Darkseid lebih dulu ada di komik, dan keduanya pun menjadi musuh terkuat di film DC Extended Universe dan Marvel Cinematic Universe. Tetapi kita bisa melihat Thanos terlebih dahulu tampil di film produksi Marvel Studio, sementara DC baru menurunkan sang Jendral dari Apokalips yaitu Steppenwolf di film terbaru DC Justice League.
Itulah beberapa karakter di komik Marvel yang walaupun dianggap sengaja meniru atau lebih halusnya "terinspirasi" dari DC, tetapi malah beberapa diantaranya malah lebih populer di film dan komiknya sendiri dibandingkan dengan karakter yang menginspirasinya.



8. Hawkeye (Marvel) vs Green Arrow (DC)



Kedua karakter ini memiliki kesamaan dalam hal kemampuan mereka menembak anak panah dengan akurasi yang tinggi dan juga trik-trik yang mereka miliki dalam menembak anak panah tersebut. Oliver Queen/Green Arrow merupakan seorang superhero yang melawan kejahatan dengan kemampuan memanahnya, teknologi yang ia punya, dan juga kemampuan bela dirinya. Dengan bantuan kekasihnya, Black Canary, dan tangan kanannya, Speedy, keluarga superhero ini melawan kejahatan dengan nama “Team Arrow” Clint Barton/Hawkeye merupakan seorang yatim piatu yang dikirim ke sebuah panti asuhan bersama saudaranya sebelum mereka melarikan diri untuk bergabung dengan “Carson Carnival of Traveling Wonders”. Terlatih menggunakan panah, Clint memutuskan untuk melawan kejahatan dengan menggunakan topeng setelah ia melihat Iron Man menyelamatkan beberapa orang di karnival. Green Arrow muncul terlebih dahulu dalam dunia komik di dalam serial komik “More Fun Comics #73” pada November 1941, sedangkan kembaran Marvel nya muncul di dalam serial komik “Tales of Suspense #57” pada September 1964. 
9. Namor (Marvel) vs Aquaman (DC) 



Kedua karakter ini memiliki kesamaan dalam sifatnya yang penyendiri, sangat percaya diri, tidak banyak disukai orang, dan penguasa dunia bawah laut. Aquaman merupakan raja dari kerajaan bawah laut, Atlantis. Dia merupakan seorang superhero yang memiliki kekuatan besar, kecepatan yang luar biasa, dan juga kemampuan untuk berkomunikasi dan mengontrol semua makhluk laut. Sebagai salah satu pendiri Justice League, Aquaman mempunyai struktur tubuh yang unik yang memungkinkan dia bertahan hidup di darat dan di laut dengan tekanan tinggi dan suhu yang ekstrem. Namor the Sub-Mariner merupakan karakter Marvel yang pertama yang memiliki sejarah yang bertahan selama 70 tahun publikasi dan satu-satunya karakter Marvel yang merupakan persilangan unik antara Atlantean dan juga mutan (diduga salah satu mutan kategori Alpha) Namor merupakan karakter yang lebih dulu dibuat dan muncul pada serial komik “Motion Picture Funnies Weekly” pada bulan April 1939, sedangkan Aquaman muncul pada serial komik “More Fun Comics #73” pada bulan November 1941.

10. Quicksilver (Marvel) vs The Flash (DC) 



Kedua karakter ini memiliki kesamaan pada kecepatan yang mereka miliki, dalam berfikir dan juga dalam bergerak. Sebagai pelindung dari Central City dan Keystone city, The Flash melawan kejahatan yang ada dengan menggunakan kecepatan supernya. Keluarga Flash melindungi banyak orang dengan menggunakan kekuatan yang disebut dengan Speed Force. Pada periode Golden Age, Jay Garrick merupakan The Flash pertama dan merupakan salah satu pendiri Justice Society, sedangkan pada periode Silver Age, Barry Allen merupakan salah satu pendiri Justice League. Quicksilver merupakan putra dari Magneto dan saudara kembar dari Scarlett Witch. Pietro Maximoff menghabiskan hidupnya sebagai penjahat maupun pahlawan dan merupakan bagian dari Brotherhood of Mutants, The Avengers, dan The Inhumans. The Flash merupakan karakter yang lebih dulu muncul di dunia komik dalam serial komik “The Flash #1” pada bulan Januari 1940, sedangkan Quicksilver muncul pada serial komik “X-Men #4” pada bulan Maret 1964. (ynot)



No comments:

Post a Comment

Pages