COMIC FIGURES

Semua Hal Tentang Tokoh Superhero dan Supervillain Marvel dan DC Comics, dalam versi asli komiknya

Saturday, January 20, 2018

Kisah Marvel Crossover Yang Paling Populer

Crossover event adalah dimana berbagai kubu dari tokoh-tokoh baik (superhero) ataupun tokoh-tokoh jahat (supervillain) saling bertemu dalam satu cerita untuk membuat satu event yang baru yang biasanya dampaknya sangat besar di dunianya. Berikut beberapa kisah dan episode nya (special event)

1. SECRET WARS 1984-1985

5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane

Pertama….dimulai dari Secret Wars. Pasti buat penggemar Marvel lain di luar sana tau banget event ini. Singkatnya sih ya, ada sebuah entitas yang namanya The Beyonder. Nah doi ini kuat banget gan ceritanya, cuma setingkat atau dua tingkat di bawah pencipta Marvel sendiri (The One Above All). Intinya itu si Beyonder ini tertarik banget sama yg namanya Superhero di Bumi, dan di ceritanya ini sebenernya dia udah lama mengamati bumi ini. Nah dengan segala kesaktiannya, diculiklah beberapa Superheroes yang ada di bumi; Avengers, Human Torch, Thing, Mr Fantastic, SpiderMan, Spider Woman, Hulk, X-Men. Tapi ga cuma superheronya doang gan yang diambil sm Beyonder, tp beberapa villains terkuat di bumi juga diambil, diantaranya; Molecule Man, Kang the Conqueror, Doctor Doom dll. Nah disini mereka diadu gan antara satu sama lain di dunia yang dibikin Beyonder namanya Battleworld.


5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane


Walaupun jadul, komik 12 jilid bisa dibilang sangat seru di jamannya. Disini kita bisa mengenal kalo di luar bumi itu masih ada entita-entitas yang hampir setara dengan Tuhan di Marvel. Saking kuatnya Beyonder pada saat ini, Marvel harus menurunkan tingkat kekuatannya menjadi Omega-Level Mutant di zaman sekarang. Sebenernya di arc ini, ada satu sosok lagi yang sebenernya itu hampir sekuat si Beyonder ini, yaitu Molecule Man. Sesuai namanya dia bisa mengontrol molekul dari apapun yang ada di Marvel Universe, dan semua benda dan makhluk hidup itu pasti terbuat dari molekul-molekul, namun karena ketidak percayaan-dirinya dia sering dimanfaatkan oleh orang lain.


2. THE INFINITY GAUNTLET

5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane


Masih ingat dengan Thanos? Ya, karakternya muncul di akhir film Avengers. Kulitnya berwarna Ungu, besar, dan digambarkan selalu duduk pada singgasananya yang bisa terbang. Thanos adalah sosok yang sangat kuat karena dia adalah keturunan Titan atau setengah Dewa. Awal cerita Infinity Gauntlet itu sebenernya sepele, Thanos mencoba jatuh cinta pada suatu entitas yang sudah diceritakan pada kisah tentang Thanos, yaitu Death (Dewi Kematian). Death ini digambarkan sebagai sosok perempuan, dan Thanos ini jatuh cinta dengannya selama dia hidup dan yang uniknya, kelak saingan Thanos untuk mendapatkan cintanya Death ini adalah......... DEADPOOL !!! 
Sosok Superhero yang tergolong susah mati karena kemampuan menyembuhkan dirinya yang hebat dan menumbuhkan sel-sel tubuhnya kembali (dalam kisahnya disebutkan bahwa Deadpool mengatakan, kematian menolaknya)

The Infinity Gauntlet itu adalah sarung tangan emas yang dihiasin sama batu-batu yang punya kekuatan magis yang sangat kuat, dan kalau digabungkan di dalam satu sarung tangan tersebut sang pemakai memiliki kekuatan hampir tidak terbatas. Batu-batu tersebut disebut Infinity Gems yg terdiri dari Soul Gem, Time Gem, Space Gem, Mind Gem, Reality Gem, dan Power Gem.

.5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane

Singkat cerita, si Death ini mengeluh karena di Universe kuota makhluk yg hidup lebih besar daripada yang mati, karena itu si Death memberi tugas ke Thanos untuk mengembalikan keseimbangan tersebut. Tapi mungkin cara yang dilakukan oleh Thanos sendiri ini salah, karena agar mudah Thanos mengumpulkan ke-enam batu tersebut dan dengan hanya menjetikkan jari dia memusnahkan 50% manusia yang ada di bumi. Ini membuat Thanos jauh lebih kuat daripada Death, dengan menggunakan cara apapun akhirnya, tapi Death tetap saja tidak menerima cintanya Thanos.
Event ini seru, karena setiap superhero yang ada, bahkan Captain America yang cuma manusia biasa mencoba untuk menumbangkan Thanos dan juga Thor yang juga dewa petir tidak ada apa-apanya di hadapan si Thanos ini. Bahkan semua karakter kuat yang baik pun mencoba mengalahkan Thanos.


3. ONSLAUGHT SAGA

Event ini berpusat sama X-Men, kenapa? Karena makhluk yang namanya Onslaught ini adalah gabungan dari Charles Xavier dan Magneto (bukan fusion kaya Dragon Ball Z ya ). Awal ceritanya kenapa bisa terbentuk nih monster itu karena si Magneto yg lagi jahat-jahatnya ini dengan kekuatannya yg bisa ngendaliin besi ngeluarin besi adamantium yg ada di badannya Wolverine dengan paksa, alhasil kekuatan Wolverine yg bisa nyembuhin dirinya tidak berfungsi dengan baik jadi si Wolverine sampe di ambang kematian. Akibat ulah Magneto ini, Xavier yg marah dan kecewa dengan Magneto ini memutuskan untuk mematikan fungsi otak si Magneto. Seperti yg agan” tau si Magneto ini benci banget sm manusia kan ya, dendamnya dia ini saking kuatnya gabung lah sama kebenciannya Xavier ke Magneto dan terbentuklah monster Omega Level Mutant namanya Magneto


5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane



Kenapa event komik ini menarik, karena selain melibatkan hampir seluruh karakter di bumi Marvel Universe buat ngalahin nih monster, arc ini juga untuk pertama kali menunjukkan kekuatan Omega Level Mutant lainnya yg bernama Franklin Richards yaitu anaknya Mr. Fantastic dan Invisible Woman. Si Franklin ini kekuatannya hampir tak terbatas, soalnya setelah hampir semua heroes mati di tangan si Onslaught ini, Franklin kemudian menciptakan dunia satu lagi yg isinya heroes” yang masih hidup atau disebut Franklin’s Pocket Universe


4. HOUSE OF M

5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane

Udah mulai masuk tahun 2000an nih gan ceritanya. Kalo menurut saya poros paling penting dari apa yang skrg terjadi di Marvel Universe itu awalnya dari sini. Gimana hubungan antara manusia dan mutan itu makin memburuk setelah event ini. Plot atau cerita dari event ini awal dari satu orang yaitu Scarlet Witch/Wanda Maximoff. Disini diceritakan Avengers sudah tidak ada lagi, karena sudah tidak ada kepercayaan dari masing” orang di tim dan Tony Stark sudah tidak punya uang lagi

Scarlet Witch itu di komik merupakan salah satu mutan terkuat di bumi karena dia bisa ngerubah realita jadi semau dia, entah kenapa di film dia lemah bener. Karena si Wanda ini udah ga bisa ngontrol kekuatannya lagi dan ga bisa ngebedain mana itu dunia bikinan dia sendiri dan dunia sebenernya, Avengers dibentuk lagi buat ngebunuh si Wanda karena dia dianggap berbahaya untuk orang lain dan dirinya sendiri.

5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane
5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane

Untuk melindungi adeknya Wanda dibawa kabur oleh Quicksilver/Pietro Maximoff, dan disinilah mulainya event ini. Atas pengaruh Pietro, Wanda ngerubah dunia jadi 90% mutan dan sisanya manusia yang dimana seluruh mutan ini dipimpin oleh satu raja yaitu Magneto. Di dunia ini, semua keinginan terpendam setiap hero terpenuhi, seperti SpiderMan yang akhirnya nikah sm Gwen Stacy dan punya anak dan dia jadi bintang film dan kaya raya. Akhir kalam karena ketauan belangnya, diincer lah si Magneto sm heroes lainnya tapi akhirnya semua orang tahu kalo dalang sebenernya itu si Pietro. Wanda yg capek krn sebaik apapun dia rubah dunia masih aja tetep ada kekerasan ngucap kalimat yg terkenal buat para fans Marvel yaitu…..NO MORE MUTANTS


5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane


Akibatnya, dunia kembali seperti semula, tapi tidak buat para mutan, karena jumlah populasi mereka berkurang drastis. Jadi di seluruh penjuru bumi, jumlahnya hanya mencapai 198 atau bisa disebut hampir punah. Buat para pembaca baru, direkomendasikan untuk baca crossover event ini, karena selain seru kita juga bisa liat dunia Marvel dari sisi mutan.


5. CIVIL WAR


5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane

Untuk Civil War sudah tentu familiar sekali dengan kita, apalagi baru muncul filmnya Captain America: Civil War jadi pasti sudah tida asing lagi. Ceritanya sangat berbeda sekali di komik dan di film. Menurut komiknya, intinya SHRA (Super Human Registration Act) ini diciptakan karena pemerintah udah capek sama superhero” yg seenaknya menghancurkan infrastruktur di negaranya saat mereka melawan musuh, maka dibuatlah kebijakan ini. Nah berikut akan dijelaskan beberapa poin yang bikin event ini berbeda dengan event lainnya

1. SpiderMan buka topengnya di depan masyarakat publik untuk pertama kalinya.
5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane


2. Mr. Fantastic dan Invisible Woman hampir cerai karena beda pendapat

Image result for mr. fantastic vs invisible woman


3. Matinya Captain America setelah ia menyerahkan diri 

http://cdn.klimg.com/muvila.com/resources/photonews/2015/10/03/11365/520xauto-6-superhero-yang-mati-terbunuh-di-medan-perang-151003k-560f9b1485845-rev1.jpg


4. Pernikahan Black Panther & Storm

5 Marvel Crossover Event Paling Mangsoy ....... menurut ane

Di event ini konflik yg muncul ga seperti di film, karena di komik sampe akhir itu tetap perbedaan ideologi tentang kebebasan dalam bertindak dan berpendapat. Hampir semua karakter disini memiliki masalah masing-masing dalam Civil War, bahkan Namor yg notabene tinggal di Atlantis pun punya masalah disini.

Civil War ini bisa dibilang mulainya sejarah Marvel sampe sekarang, dan  sekarang akan masuk ke Aftermath dari event ini. 

1. Dibunuhnya Kapten America oleh Crossbones & Sharon Carter

Dalam Komik, yang pertama ditunjukkan adalah Crossbones yg bunuh Captain America. Dan yg bikin heran adalah, buat apa si Crossbones ditunjukkan di film kalau cuma buat mati doang, karena  dikira di film si Captain America juga mati. Lanjut, kenapa si Sharon ini menembak Captain America berulang kali pake Handgun, dia ini di cuci otak sama yg namanya Doctor Faustus atas suruhan Red Skull (musuh abadi si Captain).

gambar Sharon Ketika membunuh Capt. America
Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)


2. Terbentuknya The Fifty State Initiative dan Tony Stark Director of SHIELD

The Initiative:

Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)

 

Seperti yg kalian tau, Tony Stark menang Civil War ini karena si Captain sadar akhirnya pas mereka tarung akhir kalo ternyata yg diperjuangkan Cap dkk itu bukan lagi keinginan masyarakat tapi keegoisan dan pendirian mereka sendiri yang akhirnya banyak nimbulin kerugian entah dari korban jiwa atau infrastruktur.
Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)

Nah dengan bantuan Hank Pym dan Reed Richards, Tony ini bikin polisi super buat ngawasin 50 bagian negara di Amerika Utara dari kejahatan super juga serta nangkepin sisa-sisa superhero yg masih ngebangkang pemerintah.

3. Aunt May shot by Sniper
Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)


Ini cerita paling sedih menurut gw, karena keputusan yg diambil Spidey/Peter ternyata harus memakan korban. Ini gw masukin karena ini termasuk salah satu Civil War Aftermath yg penting juga, tapi abis Aunt May ditembak oleh sniper, cerita udah masuk ke Arc Back in Blacknya Spiderman. Oke, lanjut. Jadi seperti yg kalian tau, identitas Spidey udah ketauan kan ya dan kalian tau kalo Spidey itu salah satu hero yg memiliki musuh terbanyak di Marvel dan Spidey and family ga lagi di bawah perlindungan Iron Man, kenapa? Disini sebenernya Peter salah ngambil keputusan, dia lebih milih kubu Cap karena dia pikir si Tony udah kaya diktator, padahal disisi lain dia ga tinggal sendiri…dia masih punya bibinya si May dan istrinya Mary Jane.

Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)


Buat kelanjutannya, Kalian harus baca sendiri ya di arc Back In Black SpiderMan, karena udah beda bukan Civil War lagi 
4. The Thunderbolts dikuasai oleh Norman Osborn


Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)


Thunderbolts ini tadinya adalah tim yang isinya para penjahat super yg pengen jadi baik, dan di Civil War mereka ini ada di bawah pimpinan si Baron Zemo. Di filmnya, ini sama sekali ga ada, padahal justru peran utama si Baron Zemo ya ini bukannya ngadu domba Cap dan Tony. Lanjut lah ke komiknya, Sebenernya si Baron Zemo ini ngebentuk Thunderbolts lg itu buat ngelawan The Grandmaster, tapi meskipun menang si Zemo ini ilang kesedot space-time vacuum gitu. Nah setelah Civil War, yg ngepalain Thunderbolts itu jadinya si maniak Norman Osborn. Isi tim ini bukan penjahat yg pengen jadi baik, tapi penjahat super yg punya keinginan masing” dan harus kerja buat pemerintah dulu baru diberikan dah tuh keinginannya. Peran Thunderbolts itu sebenernya bukan pas Aftermath, tapi setelah Aftermath, dan eventnya bernama Dark Reign dan Siege

Sekarang kita masuk ke crossover lainnya, yang ga kalah seru dari thread sebelumnya. 


1. ANNIHILATION
Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)


Event ini menurut gw ga kalah seru loh  sama event” sebelumnya, dan event ini kalo ga salah terjadi pada saat yang bersamaan sama Civil War. Di crossover Annihilation itu ceritanya lebih ke Galaxy War atau Perang Luar Angkasa, yahhh ala ala Star Wars dan Star Trek lah. Kalo ga ada hero-hero di luar angkasa ini, bumi Marvel ini pasti bakal ancur. Musuh utama di crossover ini namanya Annihilus, dia ini semacam serangga yang kuatnya luar biasa, sampe Thanos aja kalo berantem satu lawan satu langsung pasti kalah.

Annihilus:
Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)


Annihilus ini sebenernya mahluk yg muncul dari The Negative Zone, dan memang tidak diketahui mengapa mahluk-makhluk yg ada di Negative Zone ini kuat-kuat sekali. Saking kuatnya ini serangga dan tentaranya yg disebut Annihilation Wave, Nova Corps (semacam Polisi luar angkasa, mirip GL) diancurin dan tersisa cuma satu polisi dari Bumi yg namanya Richard Rider. Tujuan dari Annihilus sendiri sebenernya ingin menghancurkan alam semesta, tapi karena pengaruh dari Thanos, si Annihilus ini lebih milih membuat senjata super yang energinya didapat dari salah satu Celestial, yaitu Galactus. Akhir cerita, si Galactus di tangkap, dan yg bisa ngalahin si Annihilus ini adalah gabungan hero” di luar angkasa: Guardians of Galaxy, Nova (Richard Rider), Ronan, Super-Skrull, dan Silver Surfer, dll


2. WORLD WAR HULK


Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)

Jika di film, setelah episode Age Of Ultron, si Hulk ngilang entah kemana. Nah kalo di komik itu dia dibuang ke planet lain ya. Siapa yg tega ngebuang Hulk ke planet lain? Di serial Marvel ada yg namanya The Illuminati, yang terbentuk udah lama sebenernya dan isinya itu: Iron Man, Reed Richards, Professor X, Namor, Doctor Strange, Black Panther, dan Black Bolt…intinya orang-orang dengan pengaruh dan kekuatan terbesar di bumi Marvel. Mereka inilah yang ngebuang si Hulk, tadinya sih si Hulk ini mau ditaro di planet yg damai dimana ia ga bisa diganggu dan dia bisa hidup sendiri, tapi karena salah koordinasi, terkirimlah si Hulk ke planet diktator yang isinya kebanyakan budak dan gladiator.
 
Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II)

Nah, pertanyaannya kenapa si Hulk ini melampiaskan kemarahannya ke bumi Marvel…bukan karena dia dilempar ke ruang angkasa sendirian. Melainkan, si Hulk ini ceritanya sudah menguasai planet gladiator ini dan dia jadi the Green King disana. Punya istri, anak, penduduk, dan pengawal” yang kuat. Nah, awal mula tragedinya itu, berawal dari pesawat yg ditumpangin sm Hulk pas dia dibuang itu meledak dan ledakannya musnahin semua penduduk disana kecuali Hulk dan pengawal, sampe anak istrinya pun mati. Sebelum berkunjung ke Bumi, dia diajarkan oleh salah satu pengawalnya buat mengontrol dan fokusin kemarahannya ke targetnya saja, jadi tidak asal sebagai mesin penghancur. Karena saat Hulk datang ke Bumi buat balas dendam, Civil War sudah selesai ceritanya, jadi mau tak mau semua heroes di Bumi harus turun tangan buat menghadapi monster ini. 


3. SECRET INVASION


Event ini tergolong paling menarik. Kenapa? karena walapun mereka semua beda pendapat dan berbeda pemikiran dan ideologi, baik hero ataupun penjahat super kalo udah ketemu ancaman luar planet mereka bakal bersatu buat ngalahin tuh ancaman. Musuh kali ini datang dari luar planet Bumi dan mereka ini musuh abadi penduduk Kree…yap, The Skrulls. The Skrulls itu alien yang bisa shapeshift, kaya mystique, tapi kalo mystique kan mutan jadi dia doang pasti yg punya keahlian ini. Tapi Skrulls ini seluruh masyarakatnya bisa shapshift atau ganti wujud. Dulu juga pernah  Skrulls ini nyoba nguasain Bumi, tp digagalkan ama Fantastic Four dan Skrulls yg ada di bumi di rubah jadi sapi 
Bedanya invasi dulu dan sekarang adalah, ga ada alat yg bisa deteksi keberadaan si Skrulls ini di bumi. Jadi dari jaman sebelum Civil War bahkan House of M, agen para Skrulls ini sudah menginfiltrasi departemen-departemen penting di Bumi seperti SHIELD, SWORD dll. Bisa jadi kekacauan yg terjadi ini adalah pengaruh para Skrulls agar manusia menghancurkan dirinya sendiri lewat kebohongan dan provokasi. Para heroes ini kerepotan setengah mati ngalahin nih alien”, karena udah ga ada alat yg bisa deteksi mereka saat berubah wujud, bahkan Charles Xavier yg bisa baca pikiran pun ga bisa apa”. Bagaimana cara si Skrulls ini hampir nguasain Bumi? Salah satunya dengan cara nyulik Reed Richards, orang terpintar di Bumi dan berusaha mencuri kepintarannya. 


Continue CIVIL WAR 1 + 3 Marvel Crossover yg lebih Mangsoy...menurut ane (Part II) 

No comments:

Post a Comment

Pages