COMIC FIGURES

Semua Hal Tentang Tokoh Superhero dan Supervillain Marvel dan DC Comics, dalam versi asli komiknya

Sunday, April 29, 2018

Captain Mavel (Carol Danvers) - Marvel Superhero


Captain Marvel (Mar-Vell) adalah pahlawan super fiktif yang muncul dalam buku komik Amerika yang diterbitkan oleh Marvel Comics. Karakter ini dibuat oleh penulis-editor Stan Lee dan dirancang oleh seniman Gene Colan dan pertama kali muncul di Marvel Super-Heroes # 12 (Desember 1967). Karakter ini memulai debutnya selama Silver Age dari buku komik dan telah membuat banyak penampilan sejak saat itu, termasuk seri self-titled dan volume kedua dari seri Marvel Spotlight. Kapten Marvel menduduki peringkat ke-24 dalam daftar "The Top 50 Avengers"  dan telah muncul di serial televisi dan video game.
Ada banyak versi karakter yang mengambil peran sebagai Captain Marvel, namun kali ini yang kita bahas adalah Carol Danvers. Memiliki nama lengkap Carol Susan Jane Danvers, Carol merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Keluarganya tinggal di daerah kecil di Boston. Sang ayah selalu menanamkan kerja keras untuk meraih cita-cita, namun ia memiliki pendapat jika pria harus lebih berhasil dari wanita. Kondisi keuangan membuat Ayah Carol memutuskan untuk membiayai kuliah anak keduanya yang bernama Steve karena ia laki-laki, sementara Carol yang merupakan murid terpintar di kelas tak perlu sekolah tinggi karena menurut sang ayah ia hanya akan mengurusi dapur. Namun Carol tak sependapat dengan sang ayah. Carol Danvers memasuki Angkatan Udara setelah lulus dari sekolah menengah untuk mengejar kecintaannya pada pesawat dan impiannya terbang, Carol menggunakan tabungannya untuk masuk sekolah angkatan udara tanpa diketahui sang ayah. Sejak saat itu Carol berniat menjadi jadi seorang Pilot. 

Carol adalah siswa top di Akademi Angkatan Udara dan menikmati kemajuan karier yang cepat naik ke pangkat Mayor. Karena penampilannya yang luar biasa, keterampilan bertempur yang luar biasa, dan kecerdasan alami, Carol direkrut ke dalam bidang intelijen. Dia akhirnya bergabung bersama C.I.A., selama waktu itu dia bertemu dan bekerja dengan Kolonel Nick Fury. Dia bermitra dengan Kolonel Michael Rossi dan keduanya menjadi sepasang kekasih. Carol memiliki karier yang luar biasa di C.I.A. Sementara pada tugas khusus dengan Nick Fury, Carol bertemu dengan agen Kanada bernama Logan. Keduanya akhirnya dipasangkan dan berbagi sejumlah petualangan bersama. Selama salah satu petualangan terkenal mereka, mereka bentrok dengan Sabretooth yang brutal yang bekerja untuk Hellfire Club. Selama waktu mereka bersama, Logan dan Carol menjadi teman dekat, bahkan mungkin kekasih. Keduanya telah salin menyelamatkan kehidupan masing-masing beberapa kali. Ketika Carol ditangkap oleh KGB dan dipenjarakan di penjara Lubyanka, Logan termasuk di antara mereka yang menentang perintah untuk menyelamatkannya. Mengikuti afiliasi dengan C.I.A., Carol mengambil posisi dengan N.A.S.A. sebagai direktur keamanan untuk Cape Canaveral.

Kemahirannya sebagai pilot kemudian terdengar oleh NASA. Lembaga luar angkasa Amerika tersebut akhirnya mengajak Carol bergabung dan ia menerimanya. Carol pun akhirnya menjadi kapten NASA termuda.

Selama menjalani misi di luar angkasa, Carol bertemu dengan banyak alien. Salah satu alien yang dikenalnya adalah bangsa Kree yang bernama Mar-Vell. Suatu saat Carol diculik oleh alien Yon-Rogg yang saat itu tengah bertempur dengan Mar-Vell. Pertempuran tersebut ternyata membuat Carol terkena radiasi dan membuatnya menjadi sosok manusia setengah Kree.



Setelah kejadian tersebut, Karir Carol di NASA menjadi terhenti. Apalagi saat dirinya tak sengaja menghancurkan pangkalan NASA karena tak bisa mengontrol kekuatannya. Carol pun keluar dan kemudian bekerja sebagai editor di Woman Magazine, perusahaan majalah yang sama dengan Daily Bugle. Carol pun secara perlahan mencoba mengontrol kekuatannya dan mencoba memerangi kejahatan dengan kekuatan yang dimilikinya. Carol pun kemudian bergabung dengan Avengers.

Kekuatan dan Kemampuan


Sebagai Captain Marvel, Carol memiliki kekuatan layaknya Supergirl pada komik DC Comics. Captain Marvel bisa terbang dengan kecepatan enam kali lebih cepat dari kecepatan suara. Ia pun memiliki kekuatan super sehingga bisa mengangkat beban yang beratnya 92 ton. Hank Pym bahkan mengatakan bahwa Captain Marvel memiliki kekuatan tak terbatas. Selain kekuatannya, Captain Marvel juga bisa menggunakan beberapa senjata. Dirinya bahkan memiliki bakat sebagai penembak jitu hasil pengalamannya di angkatan udara. 



Setelah kedatangannya di Bumi, Mar-Vell tidak hanya memiliki kekuatan manusia super (atau super-Kree) selain menjadi lebih kuat dan lebih tahan lama daripada kebanyakan manusia karena kecanggihan fisiologi Kree -nya; Kree telah berevolusi dengan tingkat kekuatan fisik yang lebih tinggi daripada manusia untuk melawan gravitasi yang lebih berat dari planet asal mereka. Sebagai seorang prajurit, karakter ini dilengkapi dengan alat yang disebut "sinar universal" (atau "uni-beam"), pada awalnya pistol genggam tetapi kemudian diubah menjadi perangkat yang dipasang di pergelangan tangan) yang mampu memproyeksikan energi; memancarkan sinar kegelapan murni dan mengendalikan magnet.




Ketika dimanipulasi oleh "Zo" (sebenarnya Zarek, Menteri Kree Imperial), Mar-Vell memiliki kemampuan fisiknya yang telah sangat ditingkatkan, ditambah hingga dapat menghancurkan substansi paling keras yang diketahui Kree, mendapatkan kemampuan untuk teleport ke mana saja di alam semesta, terbang di bawah kekuasaannya sendiri dengan kecepatan lebih cepat dari cahaya dan melintasi jarak antar bintang dan antar galaksi yang luas, serta kemampuan untuk memproyeksikan ilusi secara mental.  Sebagian besar kemampuan ini hilang ketika Mar-Vell memperoleh Nega-Bands, yang mengubah energi psionik Mar-Vell menjadi kekuatan, daya tahan, kecepatan, penerbangan yang lebih besar dan memungkinkan dia untuk tidak terlindungi di luar angkasa tanpa harus bernafas. Setelah perawatan sinar foton, Mar-Vell mampu menyerap energi matahari untuk lebih meningkatkan kekuatannya. Setelah pertemuannya dengan Eon, dia mulai menggunakan energi matahari untuk terbang, meninggalkan jejak berkilau di belakangnya. Begitu ia diberi nama "Pelindung Alam Semesta" oleh Eon, Mar-Vell mendapatkan "kesadaran kosmik", yang (antara lain) memungkinkannya untuk mendeteksi ancaman dan merasakan perubahan di alam semesta selama mereka penting baginya untuk beberapa alasan. Kesadaran ini juga dapat digunakan secara internal, yang memberitahukannya pada kanker rahimnya bahkan sebelum dia dikonfirmasi secara medis.  Pelatihan militer Kree Mar-Vell memberinya penguasaan semua bentuk pertempuran tak bersenjata dan pengetahuan luas tentang teknologi Kekaisaran Kree


No comments:

Post a Comment

Pages