COMIC FIGURES

Semua Hal Tentang Tokoh Superhero dan Supervillain Marvel dan DC Comics, dalam versi asli komiknya

Wednesday, November 29, 2017

The Flash (Barry Allen) - DC Comics Superhero



The Flash (Barry Allen) adalah seorang superhero fiksi yang muncul di buku komik Amerika yang diterbitkan oleh DC Comics. Barry Allen adalah karakter kedua yang dikenal dengan nama The Flash. Karakter Barry Allen pertama kali muncul dalam komik pada bulan Oktober tahun 1956, dibuat oleh penulis Robert Kanigher dan ilustrator oleh Carmine Infantino. Nama Barry Allen terinspirasi dari dua nama host talk show bernama Barry Gray dan Steve Allen. Barry Allen adalah pembaruan karakter sebelumnya yang juga disebut The Flash yang sempat muncul di buku komik tahun 1940-an dengan karakter bernama Jay Garrick.

Kekuatan utamanya adalah superhuman speed (kecepatan manusia super). Dengan menggunakan kecepatan super-nya, dia dapat membuka portal yang disebut Speed Force dan menjadi pembela kebenaran. The Flash  juga bisa mengimprovisasi kekuatannya, salah satunya yaitu kemampuannya mengatur kecepatan untuk menggetarkan molekuler. The Flash memakai kostum khusus berwarna merah dan emas yang dibuat untuk menahan resistansi gesekan dan angin, biasanya kostum disimpan di dalam cincin khusus. Perannya sangat penting dalam Keluarga Flash, penerus Jay Garrick (The Flash pertama) dan pendahulu dari Wally West. Dia juga anggota pendiri Justice League of America.





Image result for macam-macam the flash


Cerita klasik Barry memperkenalkan konsep Multiverse DC Comics, dan konsep ini memainkan peran besar dalam berbagai pembaruan kontinuitas DC selama bertahun-tahun. The Flash selalu memiliki peran penting dalam cerita pembaruan utama perusahaan DC dan pada tahun 1985 pada komik crossover Crisis on Infinite Earths, Barry meninggal karena menyelamatkan Multiverse dan terhapus dari barisan karakter utama DC selama 23 tahun. Pada tahun 2008, Barry kembali hidup di dalam komik Final Crisis yang dibuat oleh Grant Morrison dan disertai The Flash: Rebirth limited series yang dibuat oleh Geoff Johns. Sejak itu dia memainkan peran penting dalam cerita crossover Blackest Night (2009), Flashpoint (2011), Convergence (2015), dan DC Rebirth (2016).






(Grant Gustin sebagai The Flash (Barry Allen)


Karakter The Flash (Barry Allen) telah tampil dalam berbagai adaptasi di media lain. John Wesley Shipp memainkan karakter Barry Allen dalam serial The Flash di saluran CBS tahun 1990 dan Grant Gustin dalam serial The Flash yang dimulai tahun 2014 di saluran CW. Ezra Miller juga berperan sebagai Barry Allen dalam DC Extended Universe, dimulai dengan Film Batman v Superman: Dawn of Justice dan Suicide Squad pada tahun 2016, diikuti oleh Justice League pada tahun 2017, dan film solo The Flash yang akan datang.

Riwayat Hidup The Flash berdasarkan cerita komik :

Barry Allen dan saudara kembarnya mengalami keterlambatan kelahiran selama dua minggu. Mereka adalah anak dari Henry dan Nora Allen di sebuah kota kecil Fallville, Iowa. Saudara kembarnya dinyatakan meninggal oleh Dr. Gilmore. Namun, kenyataannya, ia lahir sehat dan diberikan pada keluarga lain yaitu keluarga Thawne yang anaknya telah meninggal saat lahir. Sama seperti keterlambatan kelahirannya, Barry memiliki kebiasaan buruk yang selalu terlambat.
Semasa kecil, Barry suka membaca petualangan superhero favoritnya, Jay Garrick (The Flash pertama), dan bermain bersama temannya yang menjadi aktris nantinya, Daphne Dean. Semasa kecil juga, ibunya terbunuh dan ayahnya dituduh sebagai pelaku tindak kejahatan tersebut. Dorongan untuk membuktikan bahwa ayahnya tidak bersalah memberi Barry keyakinan yang kuat terhadap keadilan.

Barry menyukai pelajaran kimia sejak usia dini, dan itu membantu pekerjaannya sebagai petani. Dia memenangkan Kompetisi Pertanian Fair Fall County, sebuah hadiah yang mencakup beasiswa di Sun City University. Dia lulus dalam waktu tiga tahun di jurusan kimia organik dan mata kuliah tambahan tentang kriminologi. Sebagai ahli sains, Barry membantu pihak berwenang menangkap perampok bank dan dia ditawari pekerjaan sebagai ahli forensik untuk Biro Pendeteksi Ilmiah Departemen Kepolisian Central City. Keinginan berada di saudara kota dari rumah pahlawan masa kecilnya, Keystone City, dia menerima tawaran itu.
Setelah pindah ke Central City dan mendapatkan sebuah apartemen dengan sebuah laboratorium di belakang, Barry mulai berkencan dengan Reporter Berita, Iris West, yang ia temui  saat menyelidiki sebuah pembunuhan. Dia tertarik karena kejujuran dan stabilitasnya. Barry Allen adalah seorang ahli forensik dengan reputasi sangat rendah dan sering terlambat, yang mana itu membuat tunangannya (Iris West ) frustasi karena kegemarannya pada pemecahan kasus kejahatan.

Related image


Suatu malam, saat dia bekerja lembur, petir menyambar sebuah kotak yang penuh dengan bahan kimia dan tumpah mengenai Barry. Dengan bingung, dia memutuskan untuk kembali ke rumah dengan taksi. Namun, taksi itu tidak melihat dan melewatinya begitu saja. Barry berlari mengejarnya, dia berlari lurus melewatinya seolah-olah taksi itu tidak bergerak. Dia memutuskan untuk duduk dan mengingat kembali kejadiannya di restoran. Pelayan yang lewat tiba-tiba menumpahkan barang-barang yang ada di atas nampannya kearah Barry, secara luar biasa dia menangkap semuanya dan mengembalikannya ke nampan.
Keesokan harinya, Barry menyelamatkan Iris dari peluru nyasar. Tidak di pertanyakan lagi: kecelakaan aneh itu telah memberi Barry kecepatan super yang hebat!.

Barry bisa berlari sangat cepat dan memiliki refleks dan indra yang lebih baik. Dia mengenakan kostum berwarna merah dengan logo petir dan menamai dirinya The Flash (sama dengan pahlawan di komik masa kecilnya, Jay Garrick), dan menjadi pemberantas kejahatan di Central City.
Profesor Universitas Central City Ira West (Ayah angkat Iris) yang merancang kostum dan cincin penyimpan kostum untuk Barry saat dalam identitas sipilnya. Cincin itu dibuat dengan bantuan gas khusus yang dapat mengecilkan kostumnya dan juga sebaliknya. Selain itu, Barry menciptakan treadmill kosmik, alat yang memungkinkan melakukan perjalanan waktu dan digunakan dalam banyak cerita. Barry sangat disukai dan hampir semua speedsters yang mengejarnya sering dibandingkan dengannya. Batman pernah berkata bahwa Barry adalah sosok yang kuharapkan jika orang tuaku tidak dibunuh.











No comments:

Post a Comment

Pages