COMIC FIGURES

Semua Hal Tentang Tokoh Superhero dan Supervillain Marvel dan DC Comics, dalam versi asli komiknya

Wednesday, December 6, 2017

Doctor Strange (Stephen Vincent Strange) - Marvel Superhero

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgeyx6S6YuEfKacCl4VZxpQ_1mHUG5gqS5cKyZBOPrFHqQKxjTkUL8JNuKYSUh_t5ulmezZSZsJ1YNaojqZpIn-9wQNpYNEjFFAmhq-tQVW6entkkucDENDaNfP7kH4b5JT9T2z3mflzQCM/s1600/Dr_Strange+01.jpgDoctor Strange adalah salah satu tokoh yang ada dalam komik Marvel. Tokoh ini diciptakan oleh Steve Ditko. Karakter yang digambarkan mempunyai ilmu magis ini pertama kali muncul pada komik Strange Tales Vol 110 yang diterbitkan pada bulan Juli tahun 1963. 

Stephen Vincent Strange atau yang biasa dikenal sebagai Dotor Strange adalah seorang ahli bedah syaraf yang sangat cerdas, namun sifatnya sangat egois dan selalu memikirkan tentang kekayaan dan karirnya. Suatu saat Strange mengalami kecelakaan mobil. Kecelakaan tersebut membuat tangannya cacat karena tulangnya mengalami kerusakan parah. Cacat pada tangannya membuat karirnya sebagai dokter bedah berakhir lantaran tangannya yang selalu gemetar saat melakukan operasi. Dokter Strange pun mencari berbagai macam cara agar tangannya dapat kembali pulih.

Dr. Strange menghabiskan seluruh kekayaannya untuk menyembuhkan tangannya namun hal tersebut tak membuahkan hasil. Ia pun akhirnya menjadi dokter gelap dan melakukan operasi ilegal demi bertahan hidup.
 

Related image 


Suatu saat, Strange bertemu dengan seorang pertapa yang dijuluki "The Ancient One" (Si Tetua) di daerah Himalaya. Dr. Strange mendengar kabar jika The Ancient One dapat menyebuhkan tangannya. Awalnya The Ancient One menolak membantu karena Strange yang egois, namun setelah Dr. Strange mengagalkan aksi kejahatan yang dilakukan oleh satu murid The Ancient One yang bernama Baron Mordo, The Ancient One pun akhirnya membantu Strange. Dr. Strange juga diajarkan ilmu mistik oleh The Ancient One. Setelah berguru, Dr. Strange pun kembali ke New York. 
 
Image result for dr. strange

 
Setelah berguru di Himalaya, Dr.Strange menjadi ahli ilmu sihir yang luar biasa. Selain memiliki beberapa mantra yang dapat melakukan hal yang mustahil, Dr. Strange juga memiliki jubah yang dapat membuat dirinya terbang. Di Himalaya dirinya juga berlatih mengenai beladiri. Meskipun telah menjadi cenayang, Dr.Strange ternyata masih memiliki kemampuan bedah yang luar biasa, apalagi setelah tangannya pulih, ia dapat melakukan bedah syaraf dengan bantuan sihir miliknya.

Selain menguasai berbagai mantera-mantera sihir, kekuatan Doctor Strange juga diperkuat oleh artifak-artifak mistis yang dimilikinya. Diantaranya ia mempunyai “The Cloak of Levitation” yang dapat membuatnya terbang, “The Book of Vishanti” yang di dalamnya berisi seluruh mantera-mantera yang ada di dunia, “The Eye of Agamotto” yang memperkuat kemampuan magisnya dan “Orb of Agamotto” sebuah bola kristal yang bisa menjadi pintu masuk ke dalam atau ke luar dari dimensi lain.


Image result for dr. strange


 
 Bersama dengan The Hulk, Silver Surfer dan Namor the Sub-Mariner, Doctor Strange mendirikan kelompok The Defenders yang debut di issue pertama komik Marvel Feature terbitan Desember 1971. The Defenders adalah sebuah grup superhero yang memfokuskan diri untuk melawan musuh-musuh yang memiliki kekuatan/ elemen supranatural.


Image result for dr strange save avenger 



Doctor Strange merupakan anggota dari The Illmunati. Sebuah organisasi rahasia yang beranggotakan tokoh-tokoh paling berpengaruh di Marvel Universe. Anggotanya adalah Iron Man, Namor, Mr, Fantastic, Professor X, Black Bolt dan Doctor Strange. The Illmunati tercipta atas gagasan Iron Man paska event Kree-Skrull War. Masing-masing anggotanya memegang satu buah Infinity Stones untuk menjaga agar supervillain macam Thanos tidak dapat menggunakannya. Mr. Fantastic menjaga Power Gem, Professor X menjaga Mind Gem, Doctor Strange menjaga Soul Gem, Namor menjaga Time Gem, Iron Man menjaga Reality Gem dan Black Bolt menjaga Space Gem. Keenamnya berjanji untuk tidak satu kalipun menggunakan kekuatan dari Infinity Stones.


Related image


Pernah pada suatu saat tampilan Doctor Strange mirip dengan Vision ataupun Silver Surfer. Itu ketika ia tampil dengan topeng yang menutupi seluruh wajahnya. Perubahan kostum ini terjadi dikarenakan ada seorang villain bernama Asmodeus yang menyamar menjadi dirinya di Bumi. Sedangkan ia sendiri terperangkap di dimensi lain. Nah, untuk meloloskan diri dari dimensi tersebut, Doctor Strange mengubah penampilannya. Alasan sesungguhnya dari perubahan kostum Doctor Strange sendiri dikarenakan penjualan komiknya yang tidak terlalu bagus.
Doctor Strange tidak pernah jadi anggota Avengers. Ia memang sempat bergabung dengan grup New Avengers (bukan bagian Avengers original) di akhir event Civil War II dimana pada saat terjadi bentrok antara sesama superhero itu, Strange tidak terlibat.

Karakter pembantu yang terkenal di komik Doctor Strange adalah Wong, seorang pelayan yang merangkap menjadi guru bela dirinya Strange. Wong pertama kali diungkap di komik pada issue ke-110 Strange Tales di tahun 1963 namun ia baru bergabung secara fisik di issue ke-147 Strange Tales di tahun 1966. Ayah Wong, Hamir, merupakan pelayan dari gurunya Doctor Strange, the Ancient One. Doctor Strange bersama Wong tinggal di sebuah mansion di New York yang disebutnya sebagai the Sanctum Sanctorum. Alamat aslinya terletak di 177A Bleecker Street in Manhattan’s Greenwich Village neighborhood.

 

No comments:

Post a Comment

Pages